“Mengenal Ciri Bunga Bangkai ( Amorphophallus )”

Bunga bangkai dalam bahasa latindisebut Amorphophallus yang berasal dari bahasa Yunani Kuno “Amorphos” yang berarti“cacat, tanpa bentuk” dan “phallos”yang berarti “penis”.Bunga bangkai raksasa atau titan arum (Amorphophallus titanum)Bunga bangkai (Amorphophallus) merupakan tumbuhan khas dataran rendah yangtumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis mulai dari kawasan Afrika barat hinggake Kepulauan Pasifik termasuk di Indonesia. Sebagian besar, bunga bangkai merupakanspesies endemik.Bunga bangkai yang merupakan tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar dan tertinggi di dunia ini termasuk tanaman dari suku talas-talasan (araceae)dengan bentuk dan ukuran umbi yang bervariasi pada setiap jenisnya.

Bunga bangkai(Amorphophallus) mengalami dua fase dalam hidupnya yang berlangsung secara bergantian dan terus menerus, yakni fase vegetatif dan fase generatif.Pada fase vegetatif di atas umbi bunga bangkai tumbuh batang tunggal dan daun yangmirip daun pepaya. Hingga kemudian batang dan daun menjadi layu menyisakan umbi didalam tanah.Apabila kondisi memungkinkan, fase vegetatif akan disusul dengan fase generatif yakni munculnya bunga majemuk yang menggantikan batang dan daun yang layu tadi.Kedua fase ini kan terjadi berulang dan terus menerus.Saat bunga bangkai mengalami fase generatif (mekarnya bunga), bunga tertinggiini mengeluarkan bau menyengat seperti bau bangkai. Bau busuk ini berfungsi sebagai pemikat bagi lalat dan kumbang yang mana serangga-serangga tersebut akan berkontribusi dalam proses penyerbukan. Apabila selama masa mekarnya terjadi pembuahan, maka akan terbentuk buah-buah berwarna merah dengan biji pada bagian bekas pangkal bunga. Dan bunga bangkai kemudian kembali memasuki fase vegetatif.

“Asal-Usul Bunga Rafflesia Arnoldi (BUNGA BANGKAI)”

Rafflesia adalah genus tumbuhan bunga parasit. Ia ditemukan di hutan hujanIndonesia oleh seorang pemandu dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnoldtahun 1818, dan dinamai berdasarkan nama Thomas Stamford Raffles, pemimpinekspedisi itu. Ia terdiri atas kira-kira 27 spesies (termasuk empat yang belum sepenuhnyadiketahui cirinya seperti yang dikenali oleh Meijer 1997), semua spesiesnya ditemukan diAsia Tenggara, di semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Filipina.Tumbuhan ini tidak memiliki batang, daun ataupun akar yang sesungguhnya.Rafflesia merupakan endoparasit pada tumbuhan merambat dari genus Tetrastigma(famili Vitaceae), menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar di dalam jaringantumbuhan merambat itu. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat dilihat diluar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima. Pada beberapa spesies, sepertiRafflesia arnoldii, diameter bunganya mungkin lebih dari 100 cm, dan beratnya hingga10 kg. Bahkan spesies terkecil, Rafflesia manillana, bunganya berdiameter 20 cm.Bunganya tampak dan berbau seperti daging yang membusuk, karena itulah ia disebut”bunga bangkai” atau “bunga daging”. Bau bunganya yang tidak enak menarik seranggaseperti lalat dan kumbang kotoran, yang membawa serbuk sari dari bunga jantan ke bunga betina. Sedikit yang diketahui mengenai penyebaran bijinya. Namun, tupai dan mamalia hutan lainnya ternyata memakan buahnya dan menyebarkan biji-bijinya.Rafflesia adalah bunga resmi negara Indonesia, begitu pula provinsi Surat Thani,Thailand. Nama “bunga bangkai” yang dipakai untuk Rafflesia membingungkan karenanama umum ini juga digunakan untuk menyebut Amorphophallus titanum (suwegraksasa/batang krebuit) dari famili Araceae. Terlebih lagi, karena Amorphophallusmempunyai perbungaan tak bercabang terbesar di dunia, ia kadang-kadang secara salahkaprah dianggap sebagai bunga terbesar di dunia. Baik Rafflesia maupunAmorphophallus adalah tumbuhan bunga, namun hubungan kekerabatan mereka jauh.Rafflesia arnoldii mempunyai bunga tunggal terbesar di dunia dari seluruh tumbuhan berbunga, setidaknya bila orang menilai dari beratnya. Amorphophallus titanummempunyai perbungaan tak bercabang terbesar, sementara palem Talipot (Coryphaumbraculifera) memiliki perbungaan bercabang terbesar, terdiri atas ribuan bunga;tumbuhan ini monokarpik, yang artinya tiap individu mati setelah berbunga.

“Asal – Usul Dan Jenis Buah Naga”

Buah Naga sering juga disebut dengan berbagai nama yaitu pir strawberry, buah kaktus, kaktus orchid, kaktus manis dan kaktus madu. Buah Naga termasuk dalam keluarga tanaman kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Pohon buah ini memiliki karakteristik dimana terdapat duri pada setiap ruas batangnya. Buah ini berasal dari Meksiko, Costa Rica, El Salvador, Guatemala dan Negara-Negara di Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan termasuk juga di Indonesia. Di daerah asalnya buah ini dinamai pitahaya atau pitaya roja dan sering dikonsumsi sebagai hidangan pembuka di rumah-rumah penduduk.


Alasan Kenapa Dinamakan Buah Naga
Pada sekitar tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang China buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah jadi mencolok sekali di antara warna naga-naga yang hijau ini. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya China dikenal sebagai Thang Loy (Buah Naga). Thang Loy orang Vietnam ini kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai Dragon Fruit (Buah Naga).
Jenis-Jenis Buah Naga
  • Hylocereus undatus, kulit buah berwarna merah dengan daging buah putih
  • Hylocereus polyrhizus, kulit buah berwarna merah dengan daging buah merah
  • Selenicereus megalanthus, kulit buah berwarna kuning dengan daging buah putih
  • Hylocereus costaricensis, buah naga daging super merah.
Maanfaat Buah Naga
Dibalik rasanya yang manis menyegarkan, Buah Naga ini juga kaya akan manfaat. Buah ini mengandung 90% air, vitamin c, serat, kalsium, zat besi, dan fosfor yang sangat bermanfaat untuk penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). Daging Buah Naga yang berwarna merah juga sangat baik untuk memperbaiki penglihatan mata karena mengandung zat karotenoid. Fitokimia di dalam buah ini juga dapat menurunkan risiko kanker. Kandungan serat dalam buah naga yang tinggi juga bermanfaat sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan terutama dapat memperlancar proses pencernaan. Kandungan vitamin C, beta karoten, kalsium juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Kejahatan Saat Tahun baru”

Hari ini adalah Tahun Baru dan hakim sedang dalam suasana hati yang gembira saat ia bertanya kepada tahanan,
“Anda dituntut karena tuduhan apa?”
“Melakukan belanja Tahun Baru terlalu awal”, jawab terdakwa.
“Itu bukan suatu pelanggaran”, kata hakim. “Seberapa awal anda melakukan belanja?”
“Sebelum toko dibuka Pak Hakim.”
“Lalu dimana letak salahnya Jaksa Penuntut???” tanya hakim itu
Jaksa Penuntut melongo dengan wajah tak percaya…

“Seorang anggota MPR/DPR Yang Baru Diangkat”

Suatu hari di salah satu ruangan di gedung MPR/DPR. Seorang anggota dewan yang baru diangkat, tampak masih canggung, lugu dan serba kikuk.Rupanya dia wakil dari daerah dan belum pernah bekerja atau punya ruangan yang megah. Beberapa saat kemudian, ada yang mengetuk pintu ruangannya.Setelah dibuka, berdiri dihadapannya 2 orang dengan koper besar dan segulungan kabel. “Wah…, ini pasti wartawan TV yg mau mewawancarai aku…”, pikirnya dalam hati.Agar tampak berwibawa dan membela rakyat, sambil melihat jam dan mengangkat telepon dia berkata: “Maaf tunggu sebentar, saat ini saya harus menghubungi ketua fraksi untuk melaporkan hasil-hasil sidang hari ini…”Kemudian selama beberapa puluh menit dia menelpon dan terlibat pembicaraan tingkat tinggi, sambil sekali-sekali menyebut-nyebut ‘demi rakyat’ atau ‘kepentingan rakyat’ keras-keras. Setelah selesai sambil meletakan gagang telepon dia berkata pada dua orang tamunya tsb.”Nah, sekarang wawancara bisa kita mulai…”Kedua orang itu tampak bingung dan berpandangan satu sama lain. Akhirnya salah satunya berkata: “Maaf pak…, kami datang kesini mau memasang saluran telepon bapak…

“Burung Aneh Yang Merasa Bersalah”

Si Bejo sedang buru2 menuju ke kantaronya karna kesiangan bangundan tak sengaja dia menabrak seekor burung di tengah perjalanannya karna menendarai mobilnya dengan sangat cepat. Dilihatnya burung itu, ternyata kepalanya terluka dan burung itu pingsan karna merasa iba dan bersalah kepada burung itu maka dia memutuskan untuk pulang. sesampainya dirumah ditaruhlah burung itu dalam sangkar besi dan diciprat2inya air, tapi burung itu gak sadar juga. keesokan harinya ketika dia mau berangkat ke kantor diberinya air dalam wadah kecil dan roti dalam sangkar burung itu dipikirnya ‘nanti setelah burung itu sadar pasti dia sangat haus dan lapar’dan dia berangkat kerja seperti biasa….burung itu ternyata sadar juga.burung itu melihat sekitar dilihatnya ada air minum dan septong roti..terus dia melihat sekelilingnya ternyata dia ada di dalam jeruji besidan burung itu berkata dalam hati sambil menangis…’Oh… Tuhan rupanya kemarin aku menabrak pengendara mobil pasti dia meninggal sehingga aku sekarang di penjara. Maafkan aku Tuhan aku tak sengaja…

“Asal Usul Pesepak Bola Kampung ( Orang Putih Menjadi Hitam )”

Pada suatu hari, Ada sekelompok Pesepak Bola kampung yang sangat tangguh.Di kelompok tersebut terdiri dari empat ( 4 ) orang . Yang pertama bernama Lukman. Ia mempunyai ciri-ciri berkulit sawo mateng. Yang kedua bernama Kevin.Ia mempunyai ciri-ciri berkulit putih. Yang ketiga bernama Rico.Ia mempunyai ciri-ciri berkulit sangat putih ( seperti orang Barat ). Dan Yang keempat bernama Yora.Ia mempunyai ciri-ciri berkulit putih. Keempat orang tersebut sangat disiplin dalam mengikuti latihan, dan hampir setiap saat bermain keempat orang tersebut tidak atau jarang melanggar pelanggaran ( bermain dengan Sportif ). Mereka tinggal bertetanggaan.Ketika pagi hari Keempat orang tersebut sedang latihan di sebuah lapangan sepak bola kira-kira 50 meter, dekat dengan rumah mereka. Di samping lapangan sepak bola tersebut kira-kira 20 meter ada warung kecil dam bengkel motor. Setelah sudah dua ( 2 ) jam Keempat orang tersebut segera beristirahat di warung kecil yang terletak di samping lapangan sepak bola.Setelah selesai beristirahat kira-kira 30 menit, keempat orang tersebut segera melanjutkan latihan sepak bola. Pada saat latihan, ada anak kota yang datang.Lalu anak kota tersebut mengatakan “Hai… anak kampung, buat apa kau latihan ??? tidak ada gunannya!!!Emangnya anak kampung bisa apa???.Seru anak kota tersebut. Keempat orang tersebut ( anak kampung )membalas perkataan anak kota tersebut dengan muka yang sangat marah. Anak kampung tersebut mengatakan”Hai…anak kota janganlah kau bersombong!!! Ayo kita tanding yang kalah harus mau meminta maaf atas perkataan yang telah di ucapkan.”Seru anak kampung tersebut. Anak kota tersebut mengatakan”Oke…Siapa takut???”Seru anak kota tersebut dengan sombongnya.Lalu anak kampung tersebut bertanding dengan anak kota yang sombong itu. Akhirnya pertandingan tersebut telah selesai.Pertandingan tersebut di menangkan oleh anak kampung itu.Lalu anak kota tersebut meminta maaf kepada anak kampung tersebut. Setelah anak kota itu pulang, Anak kampung tersebut segera pulang karena hari mulai sore. ketika perjalanan pulang, anak kampung tersebut pulang sambil menggiring bola. Mereka menggiring bola secara bergantian. Pada saat menggiring bola, salah satu anak kampung itu, yang bernama Yora, tidak sengaja menendang bola terlalu kencang.Bola tersebut menuju ke bengkel motor, yang terletak di samping lapangan sepak bola tersebut.Lalu salah satu anak kampung itu, yang bernama Rico berlari megejar bola tersebut.Ternyata bengkel tersebut lantainya ada olinya.Akhirnya anak kampung tersebut, yang bernama Rico terjatuh karena terpleset oli yang ada di lantai bengkel mototr di samping lapangan sepak bola.Rico seseorang anak kampung yang mempunyai ciri-ciri berkulit sangat putih.Berubah drastis, seluruh kulitnya berwarana hitam,Karena terkena oli.Lalu anak kampung, yang bernama Rico segera di bawa pulang oleh ketiga temannya.Setelah sesampai di rumah, Rico segera mandi, agar kulitnya menjadi sangat putih kembali.

                                                                    SELESAI
Di buat dan Di tulis oleh,
   
     KEVIN SUSANTO